Sejarah

Grup Riset Computer Vision merupakan salah satu Grup Riset di bawah Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya. Sampai saat ini telah ada 7 (tujuh) grup riset di FILKOM yang beranggotakan para pakar di bidangnya, yang antara lain Teknologi Game dan Perangkat Bergerak, Teknologi Jaringan, Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Komputer Vision, Sistem Cerdas dan Geoinformatika.

Grup Riset Computer Vision berdiri pada tanggal 12 Desember 2014 dalam upaya peningkatan budaya riset di Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer atau disingkat PTIIK. Grup Riset Computer Vision memiliki agenda rutin pekanan dalam bentuk diskusi ilmiah (research group discussion) yang membahas berbagai topik-topik terkini sekaligus melakukan proyeksi-proyeksi riset yang bisa dilakukan dalam rangka memberikan kontribusi baik di bidang science maupun bagi masyarakat dalam bentuk produk-produk yang solutif dan inovatif. Salah satu produk telah dihasilkan dan dalam taraf pengerjaan adalah smart wheelchair dan mini electric car.

Setiap dosen, mahasiswa magister dan mahasiswa sarjana yang mempunyai keminatan yang sama di bidang Computer Vision dilibatkan langsung dalam aktifitas-aktifitas keilmiahan tersebut dalam rangka memperkuat proses riset.

Publikasi dalam bentuk jurnal dan/atau prosiding tingkat nasional dan/atau internasional, serta mendapatkan program hibah penelitian menjadi target utama luaran dari Grup Riset ini. Selain itu juga melakukan pengabdian masyarakat serta menjalin kerjasama dengan institusi lain baik dari dalam maupun luar negri merupakan target luaran pendukung Grup Riset.

Share